365timeline.com

Search trending image and video from popular Instagram user

Show posts for #ingatmati

.
Jawab:
.
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du
.
Sebelumnya, mohon untuk dibedakan antara mencukur dengan mencabut. Mencukur bentuknya memangkas dengan alat, namun akar rambut tetap di kulit. Dan ini berbeda dengan mencabut.
.
Dalam urusan rambut di badan, Rasulullah ﷺ
telah memberikan penjelasan masing-masing
.
Ada yang beliau anjurkan dicabut, dicukur sampai pangkal (dikerok), atau hanya dipendekkan. Sikap yang sesuai sunah adalah mengamalkan masing-masing sesuai petunjuk.
.
Dalam hadis dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,“Ada lima macam fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258)
.
Kemudian, hadis dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, Rasulullah ﷺ bersabda,
.
“Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.”
.
Mus’ab (perawi hadis) berkata, “Aku lupa yang kesepuluh, aku merasa yang kesepuluh adalah berkumur.” (HR. Muslim 261, Abu Daud 52, dan yang lainnya)
.
Anda bisa perhatikan, dalam dua hadis di atas, anjuran yang disampaikan Nabi ﷺ untuk bulu ketiak adalah dicabut dan tidak dipangkas atau dicukur
.
Bagaimana Jika Sakit?
.
Ibnu Qudamah menjelaskan
.
“Mancabut bulu ketiak adalah sunnah karena bagian dari fitrah. Membiarkannya tidak dicabut adalah perbuatan yang buruk.
.
Jika dihilangkan dengan mencukur atau dengan tawas hukumnya boleh, akan tetapi dicabut lebih afdhal, karena lebih sesuai teks hadis
.
Imam Harb mengatakan, “Aku bertanya kepada Ishaq: ‘Mana yang lebih anda sukai, mencabut bulu ketiak ataukah menghilangkannya tawas?’ Jawab Ishaq, ‘Mencabutnya, jika dia mampu’.” (Al-Mughni, 1/65)
.
Demikian
.
Allahu a’lam
.
smbr: konsultasisyariah
.
@akh_walid
#akhirat #dosa #maksiat
#muslimah #muslim #ingatmati #dakwah
#dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah #istiqomah #muslimah #fiqihwanita_ .
jawab:
.
bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du
.
sebelumnya, mohon untuk dibedakan antara mencukur dengan mencabut. mencukur bentuknya memangkas dengan alat, namun akar rambut tetap di kulit. dan ini berbeda dengan mencabut.
.
dalam urusan rambut di badan, rasulullah ﷺ
telah memberikan penjelasan masing-masing
.
ada yang beliau anjurkan dicabut, dicukur sampai pangkal (dikerok), atau hanya dipendekkan. sikap yang sesuai sunah adalah mengamalkan masing-masing sesuai petunjuk.
.
dalam hadis dari abu hurairah radhiallahu ‘anhu, rasulullah ﷺ bersabda,“ada lima macam fitrah, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (hr. bukhari no. 5891 dan muslim no. 258)
.
kemudian, hadis dari ‘aisyah radhiallahu ‘anha, rasulullah ﷺ bersabda,
.
“ada sepuluh macam fitrah, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.”
.
mus’ab (perawi hadis) berkata, “aku lupa yang kesepuluh, aku merasa yang kesepuluh adalah berkumur.” (hr. muslim 261, abu daud 52, dan yang lainnya)
.
anda bisa perhatikan, dalam dua hadis di atas, anjuran yang disampaikan nabi ﷺ untuk bulu ketiak adalah dicabut dan tidak dipangkas atau dicukur
.
bagaimana jika sakit?
.
ibnu qudamah menjelaskan
.
“mancabut bulu ketiak adalah sunnah karena bagian dari fitrah. membiarkannya tidak dicabut adalah perbuatan yang buruk.
.
jika dihilangkan dengan mencukur atau dengan tawas hukumnya boleh, akan tetapi dicabut lebih afdhal, karena lebih sesuai teks hadis
.
imam harb mengatakan, “aku bertanya kepada ishaq: ‘mana yang lebih anda sukai, mencabut bulu ketiak ataukah menghilangkannya tawas?’ jawab ishaq, ‘mencabutnya, jika dia mampu’.” (al-mughni, 1/65)
.
demikian
.
allahu a’lam
.
smbr: konsultasisyariah
.
@akh_walid
#akhirat #dosa #maksiat #muslimah #muslim #ingatmati #dakwah #dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah #istiqomah #muslimah #fiqihwanita_
14,696 331 2 weeks ago
Tutup usianya Muhammad Ali karena komplikasi penyakit pernafasan tak hanya meninggalkan kesan yang mendalam. Namun di balik kepergian sang legenda mencuat berbagai macam cerita lain dari sisi kehidupan sang petinju legendaries ini sebagai seorang muslim

Petinju yang lahir dengan nama Cassius Clay ini ternyata gemar membawa rokok dan juga korek api kemanapun dia pergi. Apakah Muhammad Ali merupakan seorang perokok? Ternyata tidak. Kebiasaan Muhammad Ali membawa rokok ini tidak lepas dari sebuah hal unik yang ia percayai sebagai seorang muslim

Muhammad Ali menyatakan bahwa ia bukan seorang perokok. Mantan petinju paling disegani di dunia ini meninggal dunia di rumah sakit di Phoenix. Usai dirawat selama beberapa saat karena komplikasi penyakit pada saluran pernafasan. Muhammad Ali meninggal pada usia 74 tahun.
.
By @mifase.id
___
#ustadzceramah #tokohmuslim #muhammadali #petinjumuslim #quotebijak #ingatmati #kematianitupasti #perbanyakamal #tingkatkanibadah #duniasementaraakhiratselamanya Tutup usianya muhammad ali karena komplikasi penyakit pernafasan tak hanya meninggalkan kesan yang mendalam. namun di balik kepergian sang legenda mencuat berbagai macam cerita lain dari sisi kehidupan sang petinju legendaries ini sebagai seorang muslim

petinju yang lahir dengan nama cassius clay ini ternyata gemar membawa rokok dan juga korek api kemanapun dia pergi. apakah muhammad ali merupakan seorang perokok? ternyata tidak. kebiasaan muhammad ali membawa rokok ini tidak lepas dari sebuah hal unik yang ia percayai sebagai seorang muslim

muhammad ali menyatakan bahwa ia bukan seorang perokok. mantan petinju paling disegani di dunia ini meninggal dunia di rumah sakit di phoenix. usai dirawat selama beberapa saat karena komplikasi penyakit pada saluran pernafasan. muhammad ali meninggal pada usia 74 tahun.
.
by @mifase.id
___
#ustadzceramah #tokohmuslim #muhammadali #petinjumuslim #quotebijak #ingatmati #kematianitupasti #perbanyakamal #tingkatkanibadah #duniasementaraakhiratselamanya
4,530 6 3 weeks ago
Bismillah. Lupa jumlah rakaat shalat ada dua bentuk:
.
1. Lupa jumlah rakaat dan bisa menentukan mana yang lebih kuat, berdasarkan beberapa indikator yang menguatkan pilihannya.
.
Misalnya: Lupa apakah sedang melaksanakan rakaat ketiga atau keempat, namun dia lebih yakin bahwa dia sedang melaksanakan rakaat ketiga, karena dia merasa baru saja duduk tasyahud awal.
.
Dalam kondisi demikian, sikap yang tepat adalah mengambil jumlah rakaat yang lebih meyakinkan bagi dirinya, yaitu tiga, kemudian melanjutkan shalatnya sampai selesai, kemudian sujud sahwi setelah salam.
.
Ini berdasarkan hadis dari Ibnu Mas’ud, yang diriwayatkan Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan yang lainnya.
.
2. Lupa jumlah rakaat dan tidak bisa menentukan mana yang lebih kuat.
.
Misalnya: Lupa apakah sedang melaksanakan rakaat kedua atau ketiga. Dalam kondisi demikian, sikap yang tepat adalah memilih jumlah rakaat yang lebih sedikit, karena yang lebih sedikit itu lebih meyakinkan.
.
Kemudian, lakukan sujud sahwi setelah tasyahud, sebelum salam. Hal ini berdasarkan hadis dari Abu Sa’id Al-khudri, yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud, dan An-Nasa’i.
.
Allahu a’lam
.
Sumber | https://konsultasisyariah.com/4561-jika-lupa-rakaat-shalat-wajib.html
.
@akh_walid
.
#akhirat #dosa #maksiat
#muslimah #muslim #ingatmati #dakwah
#dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah #hijrah
#beranihijrah#pemudahijrah
#kampungakhirat_ #titikdosa_ Bismillah. lupa jumlah rakaat shalat ada dua bentuk:
.
1. lupa jumlah rakaat dan bisa menentukan mana yang lebih kuat, berdasarkan beberapa indikator yang menguatkan pilihannya.
.
misalnya: lupa apakah sedang melaksanakan rakaat ketiga atau keempat, namun dia lebih yakin bahwa dia sedang melaksanakan rakaat ketiga, karena dia merasa baru saja duduk tasyahud awal.
.
dalam kondisi demikian, sikap yang tepat adalah mengambil jumlah rakaat yang lebih meyakinkan bagi dirinya, yaitu tiga, kemudian melanjutkan shalatnya sampai selesai, kemudian sujud sahwi setelah salam.
.
ini berdasarkan hadis dari ibnu mas’ud, yang diriwayatkan bukhari, muslim, abu daud, dan yang lainnya.
.
2. lupa jumlah rakaat dan tidak bisa menentukan mana yang lebih kuat.
.
misalnya: lupa apakah sedang melaksanakan rakaat kedua atau ketiga. dalam kondisi demikian, sikap yang tepat adalah memilih jumlah rakaat yang lebih sedikit, karena yang lebih sedikit itu lebih meyakinkan.
.
kemudian, lakukan sujud sahwi setelah tasyahud, sebelum salam. hal ini berdasarkan hadis dari abu sa’id al-khudri, yang diriwayatkan oleh muslim, abu daud, dan an-nasa’i.
.
allahu a’lam
.
sumber | https://konsultasisyariah.com/4561-jika-lupa-rakaat-shalat-wajib.html
.
@akh_walid
.
#akhirat #dosa #maksiat #muslimah #muslim #ingatmati #dakwah #dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah #hijrah #beranihijrah#pemudahijrah #kampungakhirat_ #titikdosa_
6,760 36 last month
1. Jika saya buang air kecil, lalu setelah selesai (buang air kecil) keluar lagi beberapa tetes air kencing tersebut dan saya benar-benar melihatnya, bagaimanakah hukum air (kencing) tersebut: najis atau suci?
.
2. Jika saya ingin shalat berjamaah di masjid, sewaktu (saya sedang) dalam perjalanan, saya kesulitan karena di celana saya ada najis bekas buang air kecil tersebut. Kadang-kadang, saya membawa celana ganti
.
Tetapi ini sulit jika saya harus bolak-balik ke kamar mandi untuk mengganti celana. Bagaimana jika saya memakai celana untuk shalat di waktu perjalanan atau di masjid dekat rumah?
.
Jawaban:
.
Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.
.
Kondisi semacam ini termasuk was-was. Penyakit merupakan godaan setan untuk membingungkan orang yang beribadah. Tujuannya, agar orang ini merasa berat dalam beribadah, sehingga menjadi malas dalam beribadah.
.
Mengingat was-was adalah tipuan setan, maka jangan dituruti, jangan dihiraukan, dan tetap yakin bahwa wudhu Anda tidaklah batal. Semakin dituruti, akan menimbulkan was-was yang lebih besar lagi. Karena itu, banyaklah berlindung kepada Allah dari godaan setan
.
Untuk mengantisipasi penyakit semacam ini, Jibril mengajarkan tata cara wudhu kepada Nabi ﷺ, sebagai berikut
.
“Dari Zaid bin Haritsah, bahwa Nabi ﷺ bersabda bahwa Jibril mendatangi beliau pada awal masa beliau mendapat wahyu. Kemudian, Jibril mengajarkan wudhu dan shalat.
.
Setelah selesai wudhu, beliau mengambil satu cakupan air dan menyiramkannya ke kemaluannya.” (HR. Ibnu Majah, Ad-Daruquthni, dan Hakim; dinilai sahih oleh Al-Albani)
.
Sebagian ulama menjelaskan, “Dengan cara ini, jika engkau merasa meneteskan air kencing maka yakinlah bahwa yang menetes itu bukan kencing, tetapi air yang tadi disiramkan.”
.
Allahu a’lam
.
smbr: konsultasisyariah
.
@akh_walid
.
#akhirat #dosa #maksiat
#muslimah #muslim #ingatmati #dakwah
#dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah #hijrah
#beranihijrah#pemudahijrah
#istiqomah #muslimah 1. jika saya buang air kecil, lalu setelah selesai (buang air kecil) keluar lagi beberapa tetes air kencing tersebut dan saya benar-benar melihatnya, bagaimanakah hukum air (kencing) tersebut: najis atau suci?
.
2. jika saya ingin shalat berjamaah di masjid, sewaktu (saya sedang) dalam perjalanan, saya kesulitan karena di celana saya ada najis bekas buang air kecil tersebut. kadang-kadang, saya membawa celana ganti
.
tetapi ini sulit jika saya harus bolak-balik ke kamar mandi untuk mengganti celana. bagaimana jika saya memakai celana untuk shalat di waktu perjalanan atau di masjid dekat rumah?
.
jawaban:
.
wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.
.
kondisi semacam ini termasuk was-was. penyakit merupakan godaan setan untuk membingungkan orang yang beribadah. tujuannya, agar orang ini merasa berat dalam beribadah, sehingga menjadi malas dalam beribadah.
.
mengingat was-was adalah tipuan setan, maka jangan dituruti, jangan dihiraukan, dan tetap yakin bahwa wudhu anda tidaklah batal. semakin dituruti, akan menimbulkan was-was yang lebih besar lagi. karena itu, banyaklah berlindung kepada allah dari godaan setan
.
untuk mengantisipasi penyakit semacam ini, jibril mengajarkan tata cara wudhu kepada nabi ﷺ, sebagai berikut
.
“dari zaid bin haritsah, bahwa nabi ﷺ bersabda bahwa jibril mendatangi beliau pada awal masa beliau mendapat wahyu. kemudian, jibril mengajarkan wudhu dan shalat.
.
setelah selesai wudhu, beliau mengambil satu cakupan air dan menyiramkannya ke kemaluannya.” (hr. ibnu majah, ad-daruquthni, dan hakim; dinilai sahih oleh al-albani)
.
sebagian ulama menjelaskan, “dengan cara ini, jika engkau merasa meneteskan air kencing maka yakinlah bahwa yang menetes itu bukan kencing, tetapi air yang tadi disiramkan.”
.
allahu a’lam
.
smbr: konsultasisyariah
.
@akh_walid
.
#akhirat #dosa #maksiat #muslimah #muslim #ingatmati #dakwah #dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah #hijrah #beranihijrah#pemudahijrah #istiqomah #muslimah
7,504 142 last month
.
Allah berfirman, Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku. (QS. ad-Dzariyat: 56)
.
Ada banyak bentuk ibadah yang Allah perintahkan kepada kita. Dan kita sangat yakin, ketika kita melaksanakan sekian banyak ibadah itu, masih banyak kekurangan dan kesalahan.
.
Inilah yang menjadi alasan terbesar, mengapa kita memohon ampun kepada Allah, seusai ibadah. Minta ampun karena kita menyadari, ibadah yang kita lakukan barangkali tidak sesuai yang dikehendaki oleh Allah. Menyadari adanya banyak kekurangan dari ibadah yang kita lakukan
.
Karena itulah, terdapat banyak perintah baik dalam al-Quran maupun hadis, agar kita mengakhiri amal kita dengan istighfar. Diantarannya
.
Pertama, seusai shalat tahajud, agar diakhiri dengan istighfar di waktu sahur
.
Allah berfirman, “Dan mereka yang rajin istighfar di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17)
.
Allah juga berfirman di akhir surat al-Muzammil, yang membahas masalah tahajud,
.
Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang.
.
Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran.
.
Di akhir ayat, Allah mengatakan, Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. al-Muzammil: 20)
.
Kedua, seusai haji
.
Allah perintahkan agar di penghujung pelaksanaan haji, kaum muslimin banyak beristighfar
.
Lanjut Di Komentar
.
smbr: konsultasisyariah
.
@akh_walid
.
#akhirat #dosa #maksiat
#muslimah #muslim #ingatmati #dakwah
#dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah #hijrah
#beranihijrah#pemudahijrah
#istiqomah #muslimah .
allah berfirman, tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah kepada-ku. (qs. ad-dzariyat: 56)
.
ada banyak bentuk ibadah yang allah perintahkan kepada kita. dan kita sangat yakin, ketika kita melaksanakan sekian banyak ibadah itu, masih banyak kekurangan dan kesalahan.
.
inilah yang menjadi alasan terbesar, mengapa kita memohon ampun kepada allah, seusai ibadah. minta ampun karena kita menyadari, ibadah yang kita lakukan barangkali tidak sesuai yang dikehendaki oleh allah. menyadari adanya banyak kekurangan dari ibadah yang kita lakukan
.
karena itulah, terdapat banyak perintah baik dalam al-quran maupun hadis, agar kita mengakhiri amal kita dengan istighfar. diantarannya
.
pertama, seusai shalat tahajud, agar diakhiri dengan istighfar di waktu sahur
.
allah berfirman, “dan mereka yang rajin istighfar di waktu sahur.” (qs. ali imran: 17)
.
allah juga berfirman di akhir surat al-muzammil, yang membahas masalah tahajud,
.
sesungguhnya tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. dan allah menetapkan ukuran malam dan siang.
.
allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari al quran.
.
di akhir ayat, allah mengatakan, dan mohonlah ampunan kepada allah; sesungguhnya allah maha pengampun lagi maha penyayang. (qs. al-muzammil: 20)
.
kedua, seusai haji
.
allah perintahkan agar di penghujung pelaksanaan haji, kaum muslimin banyak beristighfar
.
lanjut di komentar
.
smbr: konsultasisyariah
.
@akh_walid
.
#akhirat #dosa #maksiat #muslimah #muslim #ingatmati #dakwah #dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah #hijrah #beranihijrah#pemudahijrah #istiqomah #muslimah
20,543 25 1 weeks ago
#repost @sketsadakwahh
・・・
Jangan lupa sholat ya gaess.. #repost @sketsadakwahh
・・・
jangan lupa sholat ya gaess.. "orang yang tidur tidak akan tau kalau dirinya sedang bermimpi kecuali setelah ia bangun. begitu juga dengan orang yang lalai akan akhirat, tidak akan tau kalau dirinya sedang menyia-nyiakan amal akhirat kecuali setelah datangnya kematian"

semoga kita tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang lalai
_________________________
follow @sketsadakwahh
save & share | jazakumullahu khairan
-
#komikdakwah #komikislami #komik #ilustrasi #kartundakwah #kartunislami #reminder #muhasabah #dakwah #sunnah #sholat #ingatmati
8,455 26 5 days ago
.
Jawab:
.
Wa'alaikumussalam
.
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du
.
Terdapat sebuah hadis dari sahabat Ibnu Abbas  radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:”Apabila kalian melakukan shalat maka janganlah memejamkan kedua mata kalian.”
.
Hadis ini diriwayatkan oleh at-Thabrani (w. 360 H) dalam Mu’jam as-Shagir no. 24. dari jalur Mus’ab bin Said, dari Musa bin A’yun, dari Laits bin Abi Salim. Hadis ini dinilai dhaif oleh para ulama pakar hadis, karena dua alasan
.
1. Laits bin Abi Salim dinilai dhaif karena mukhtalat (hafalannya kacau), dan dia perawi mudallis (suka menutupi)
.
2. Mus’ab bin Said, dinilai sangat lemah oleh para ulama. Ibnu Adi mengatakan tentang perawi ini,
”Beliau membawakan hadis-hadis munkar atas nama perawi terpercaya dan menyalahi ucapan mereka. Status dhaif hadisnya sangat jelas.”
.
(al-Fatawa al-Haditsiyah, al-Huwaini, 1/45 – 46)
.
Kesimpulannya, hadis di atas adalah hadis dhaif dan Imam ad-Dzahabi (w. 748 H) menilainya munkar. Karena itu, hadis ini tidak bisa dijadikan dalil. Memejamkan Mata Ketika Shalat Hukumnya Makruh
.
Hanya saja para ulama menegaskan, memejamkan mata ketika shalat hukumnya makruh. Kecuali ketika hal ini dibutuhkan, karena pemandangan di sekitarnya sangat mengganggu konsentrasi shalatnya.
.
Mengenai alasan dihukumi makruh, ada beberapa keterangan dari para ulama, diantaranya:
.
a. Memejamkan mata ketika shalat, bukan termasuk sunah Nabi ﷺ. Ibnul Qayim (w. 751 H) mengatakan
.
”Bukan termasuk sunah Nabi ﷺ, memejamkan mata ketika shalat.” (Zadul Ma’ad, 1/283)
.
b. Memejamkan mata ketika shalat, termasuk kebiasaan shalat orang yahudi. Dalam ar-Raudhul Murbi’ – kitab fikih madzhab hambali – pada penjelasan hal-hal yang makruh ketika shalat, dinyatakan, ”Makruh memejamkan mata ketika shalat, karena ini termasuk perbuatan orang yahudi.” (ar-Raudhul Murbi’, 1/95)
.
c. Karena memejamkan mata bisa menyebabkan orang tertidur, sebagaimana keterangan dalam Manar as-Sabil (1/66)
.
Lanjut Di Komentar
.
smbr: Konsultasisyariah
.
@akh_walid
.
#akhirat #dosa #maksiat
#muslimah #muslim #ingatmati #dakwah #dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah .
jawab:
.
wa'alaikumussalam
.
bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du
.
terdapat sebuah hadis dari sahabat ibnu abbas  radhiyallahu ‘anhuma, bahwa rasulullah ﷺ bersabda:”apabila kalian melakukan shalat maka janganlah memejamkan kedua mata kalian.”
.
hadis ini diriwayatkan oleh at-thabrani (w. 360 h) dalam mu’jam as-shagir no. 24. dari jalur mus’ab bin said, dari musa bin a’yun, dari laits bin abi salim. hadis ini dinilai dhaif oleh para ulama pakar hadis, karena dua alasan
.
1. laits bin abi salim dinilai dhaif karena mukhtalat (hafalannya kacau), dan dia perawi mudallis (suka menutupi)
.
2. mus’ab bin said, dinilai sangat lemah oleh para ulama. ibnu adi mengatakan tentang perawi ini,
”beliau membawakan hadis-hadis munkar atas nama perawi terpercaya dan menyalahi ucapan mereka. status dhaif hadisnya sangat jelas.”
.
(al-fatawa al-haditsiyah, al-huwaini, 1/45 – 46)
.
kesimpulannya, hadis di atas adalah hadis dhaif dan imam ad-dzahabi (w. 748 h) menilainya munkar. karena itu, hadis ini tidak bisa dijadikan dalil. memejamkan mata ketika shalat hukumnya makruh
.
hanya saja para ulama menegaskan, memejamkan mata ketika shalat hukumnya makruh. kecuali ketika hal ini dibutuhkan, karena pemandangan di sekitarnya sangat mengganggu konsentrasi shalatnya.
.
mengenai alasan dihukumi makruh, ada beberapa keterangan dari para ulama, diantaranya:
.
a. memejamkan mata ketika shalat, bukan termasuk sunah nabi ﷺ. ibnul qayim (w. 751 h) mengatakan
.
”bukan termasuk sunah nabi ﷺ, memejamkan mata ketika shalat.” (zadul ma’ad, 1/283)
.
b. memejamkan mata ketika shalat, termasuk kebiasaan shalat orang yahudi. dalam ar-raudhul murbi’ – kitab fikih madzhab hambali – pada penjelasan hal-hal yang makruh ketika shalat, dinyatakan, ”makruh memejamkan mata ketika shalat, karena ini termasuk perbuatan orang yahudi.” (ar-raudhul murbi’, 1/95)
.
c. karena memejamkan mata bisa menyebabkan orang tertidur, sebagaimana keterangan dalam manar as-sabil (1/66)
.
lanjut di komentar
.
smbr: konsultasisyariah
.
@akh_walid
.
#akhirat #dosa #maksiat #muslimah #muslim #ingatmati #dakwah #dakwahtauhid #dakwahsunnah #islam #islami#tauhid #sunnah
2,063 8 6 hours ago
Anak yang teramat istimewa dikurniakan Allah SWT buat ibu bapanya.
.
Semoga Allah SWT Permudahkan segala urusan mereka sekeluarga.
.
Bahagianya tengok adik nih moga sihat selalu dan dimurahkan rezeki ya sayang💕.
.
Anak teristimewa, pahala buat ibu bapa yang mmbesarkan anak ini.
.
Moga Allah permudahkan segala urusan mereka sekeluarga. Aminn..
| 😇 @ceramah.berfaedah
.
.
..
.
Untuk sahabat yang sedang berusaha istiqamah dalam hijrah yuk follow
@syariahmarketid
@syariahmarketid
@syariahmarketid
.
.
.
Produk textile murah & berkualitas seragam sekolah, Hijab anak dan dewasa,
@javatextileid
@javatextileid
@javatextileid
.
.
.
.
😇 @ceramah.berfaedah
#CeramahBerfaedah dari @jentikhati.tv
.
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰
#ceramahislam #kajian1menit #kajianislam #muhasabahdiri #muhasabah #dakwahmudah #ingatmati #selfreminder #kajianpencerahhati #kalamberhijrah #dakwahcinta #hambaallah #dakwahliterasi #belajarhijrah #perbaikidiri #mukmin #hikmah #hadistshahih #tausiah #sabarlahdiriku #negriakhirat #kalamhijrah #introspeksidiri #taubatnasuha #pengingatdiri #bersyukur #janganlupabersyukur #nikmati Anak yang teramat istimewa dikurniakan allah swt buat ibu bapanya.
.
semoga allah swt permudahkan segala urusan mereka sekeluarga.
.
bahagianya tengok adik nih moga sihat selalu dan dimurahkan rezeki ya sayang💕.
.
anak teristimewa, pahala buat ibu bapa yang mmbesarkan anak ini.
.
moga allah permudahkan segala urusan mereka sekeluarga. aminn..
| 😇 @ceramah.berfaedah
.
.
..
.
untuk sahabat yang sedang berusaha istiqamah dalam hijrah yuk follow
@syariahmarketid
@syariahmarketid
@syariahmarketid
.
.
.
produk textile murah & berkualitas seragam sekolah, hijab anak dan dewasa,
@javatextileid
@javatextileid
@javatextileid
.
.
.
.
😇 @ceramah.berfaedah
#ceramahberfaedah dari @jentikhati.tv
.
🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰🔰
#ceramahislam #kajian1menit #kajianislam #muhasabahdiri #muhasabah #dakwahmudah #ingatmati #selfreminder #kajianpencerahhati #kalamberhijrah #dakwahcinta #hambaallah #dakwahliterasi #belajarhijrah #perbaikidiri #mukmin #hikmah #hadistshahih #tausiah #sabarlahdiriku #negriakhirat #kalamhijrah #introspeksidiri #taubatnasuha #pengingatdiri #bersyukur #janganlupabersyukur #nikmati
18,894 320 5 weeks ago